Lempar cakram

Pengertian Lempar Cakram

Olahraga lempar cakram adalah salah satu nomor perlombaan lempar yang utama dalam atletik . Dalam perlombaan atletik resmi,setiap atlit diberi kesempatan melempar sebanyak tiga kali. Kemudian, dari sejumlah atlet pada babak awal,akan dipilih delapan atlet terbaik yang akan diberikan kesempatan 3 x lemparan lagi. Lempar cakram dipersembahkan baik untuk laki - laki dan perempuan. 

Cakram berbentuk peringan yang terbuat dari kayu atau logam. Untuk melemparkannya, atlet memegang cakram dengan satu tangan. Ia harus merentangkan lengan nya dan telapak tangan menelungkup. Sembari memutar tubuhnya beberapa kali menuju ke dalam lingkaran berdiameter 2.5meter,ia segera melemparkan cakram nya.

Pengertian dan Teknik Dasar Lempar Cakram


Berat dan ukuran cakram

* Berat ukuran cakram untuk seorang atlet putra 2kg dengan diameter cakram berkisar antara 219- 221mm,tebal 44mm.

* Berat ukuran cakram untuk seorang atlet putri adalah 1.25kg dengan diameter 180- 182mm,tebal 37 - 39 mm.

Berikut ini teknik gambar cara memegang cakram

Cara Memegang Cakram | Teknik Dasar Lempar Cakram

Teknik Dasar Lempar Cakram

Teknik dasar lempar cakram adalah sebagai berikut. Cakram ditempatkan dengan bantuan gaya,sentrifugal yang dihasilkan ketika badan atlit berputar melintasi ring sambil memegang cakram,dengan kaki dibuka selebar bahu dan agak menjauhi daerah lemparan. Bagi pelamar dengan tangan kanan ,berat badan dilumpuhkan pada kaki kiri. Tangan yang memegang cakram mengikuti ke belakang tubuh .kaki yang berputar mendahului bahu dan tangan yang memegang cakram. Ketika hendak melemparkan cakram ,kedua kaki diluruskan sambil menggerakkan pinggul ke arah lemparan. Gerak pinggul diikuti dengan memutarkan tubuh sambil melepaskan cakram.pada saat melepaskan cakram,gerakan lanjutan ke depan harus di tahan.

Video teknik lempar cakram



LihatTutupKomentar